Jumat, 16 Januari 2009

Mempercepat Windows XP : Defrag secara teratur

Proses Defrag bisa dianalogikan dengan proses menata ulang file yang tersimpan di almari ( baca: harddisk), kenapa perlu ditata ?Karena Sistem operasi menyimpan file-file tidak secara utuh melainkan di potong-potong per bytenya, sedangkan potongan-potongan tersebut tidak di letakkan secara teratur padahal pada saat file harus dijalankan potongan-potongan itu harus di satukan kembali di satukan kembali ibarat bermain puzzle tentu kita akan kesulitan jika salah satu potongan puzzle letaknya saling berjauhan, Di sinilah proses defrag di butuhkan, untuk mengumpulkan / mengurutkan potongan-potongan file tersebut agar proses penyatuan file lebih cepat.

di Windows anda bisa menggunakan Disk Defragmenter yang ada di Accessories-System Tools-Disk Defragmenter, saya sarankan komputer harus pada posisi idle(sedang tidak digunakan) jika anda melakukan defrag. Tool lain juga tersedia di Internet seperti smartdefrag besutanya IOBIT.

Jika menghendaki hasil yang lebih maksimal anda isa mencoba perfect disk, karena tool ini punya kemampuan melakukan offline file defrag dimana file- file seperti pagefile.sys yang tidak bisa di defrag karena pasti digunakan oleh windows bisa di defrag. Pagefile.sys adalah file Virtual memory masuk dalam kategori unmoveable file jika anda mengguanakan tool Disk Defragmenter maupun Smart Defrag.

Berapa kali dalam seminggu/ sebulan bisa di lakukan defrag? Karena defrag berdasarkan frekwensi pemakaian komputer saya sarankan 1 bulan sekali untuk melakukan Defrag, setaip hari juga tidak masalah anda bisa menggunakan smartdefrag. Yag pentinganda harus ingat proses defrag membutuhkan banyak resource komputer jadi sekali lagi saya sarankan jangan mengadaan aktifitas apapun dengan komputer termasuk mendengarkan musik jika anda ingin hsil yang maksimal.


----------------------
Top-X
TKJ Beta Version
----------------------


1 komentar:

rose-die mengatakan...

waaah... artikel siip le... tapi Q skrg pake vista gmn dunk???

haha... tp gag pa" ilmu tetep ilmu...
semoga bermanfaat.. peace man